Detail Berita

Selasa, 28 Februari 2017
SEMINAR PENANGANAN KECELAKAAN KERJA
Oleh : Administrator AKPN Bahtera
Kategori: Artikel



Pada Hari Selasa Tanggal 28 Februari 2017, Akademi Maritim AKPN Bahtera menyelenggarakan Seminar tentang Penanganan Kecelakaan Kerja yang disampaikan oleh Dodi Danisvan Sihono sebagai nara sumber. Tujuan dari pelaksanaan seminar ini agar peserta tahu dan bisa mempraktekan cara penanganan cedera yang benar. Peserta Seminar adalah Taruna/Taruni AKPN Bahtera dan Mahasiswa/mahasiswi Stikes AL-Islam Yogyakarta.

             Narasumber menyampaikan bahwa cara penanganan cedera menggunakan R-I-C-E Methods yaitu singkatan dari Rest (Istirahat), Ice (Es/dingin), Compression (Kompresi/tekanan) dan Elevation (Elevasi/Pengangkatan). 1.Rest: Tindakan ini dilakukan dengan cara mengistirahatkan orang yang mengalami cedera dan melindungi bagian otot atau sendi yang mengalami cedera. 2.Ice: Tindakan ini artinya memberikan suhu dingin pada bagian yang mengalami cedera, bisa menggunakan Es batu atau sesuatu yang menghasilkan suhu dingin.3. Compression. Tindakan ini artinya kompresi atau penekanan pada daerah yang mengalami cedera dengan menggunakan perban khusus (ace bandage). 4.Elevation. Tindakan ini dilakukan dengan memposisikan bagian yang cedera menjadi lebih tinggi dari jantung, terutama saat berbaring.

            Dalam kesempatan tersebut juga diberikan Praktek berupa cara memijat organ cedera yang benar, seperti pijatan terhadap ligamen, engkel, dan keram pada kaki. Karena tindakan pemijatan yang salah pada organ yang cedera bisa berakibat fatal dan yang pasti tidak menyebabkan sembuh tetapi malah semakin sakit. Untuk itu dalam Seminar tersebut juga diberikan praktek yang benar dalam penanganan cedera. Seminar diakhiri dengan tanya jawab dari peserta yang cukup antusias dalam mengikuti seminar tersebut.


Berita Terkait: